PERKEMBANGAN

GEREJA DAN PERKEMBANGANNYA

Sebagaiman tema pada peringatan 25 Tahun GPIAI EFATA, TERPAAN BADAI MEMBAWA JEMAAT TERBANG TINGGI, tentu tema ini bukan sekedar sebuah slogan, namun dalam realitas perjalanan 25 tahun ini, GPIAI mengalami perkembangan yang luar biasa. Perkembangan dan pertumbuhan GPIAI tidak lepas dari tantangan, badai kesulitan. Namun atas anugerah dan kemurahan Allah, GPIAI EFATA mampu melewati terpaan badai tersebut. Laksana rajawali yang terbang melayang dan menembus badai, gereja EFATA pun teguh menghadapi badai tersebut.

Sebagai kenangan di usia yang ke 25 ini, di bawah ini dipaparkan mengenai perkembangan dan pertumbuhan GPIAI EFATA Salatiga. Uraian di bawah ini mengikuti kekuatan Visi Gereja: Menjadi Gereja Missioner dengan ciri 5P yaitu: Penggembalaan, Pemuridan, pengutusan, Penginjilan dan Pembangunan Jemaat. Melalui 5P Diharapkan seluruh hamba-hamba Tuhan dan orang-orang percaya yang ada dalam tubuh Sinode GPIAI memiliki tekad, semangat juang dan kerja keras untuk menciptakan, membentuk, menjadikan GPIAI sebagai gereja yang misioner dan mewartakan Injil di seluruh Indonesia dan dunia serta mampu membuka cabang-cabang GPIAI diseluruh propinsi, kota, dan desa di seluruh Indonesia. Mari kita berdoa agar visi ini bukan hanya sekedar mimpi saja namun bisa menjadi kenyataan.

 

 1 . VISI MISI PEKABARAN INJIL

Dilandasi kebenaran firman Tuhan untuk menjadi saksi Tuhan di Yerusalem, Yudea, Samaria sampai ke ujung bumi maka GPIAI dalam 3 tahun ini berkembang ke beberapa propinsi, yaitu:

(1)    Lampung

Pelayanan di Lampung bediri sejak tahun 2005. Hamba Tuhan yang pertama kali di sana adalah Ev Yusuf Agus Purwanto dan Istrinya Tri Ngumboro Prapti. Pelayanan di sana saat ini ditangani oleh Sdr. Yeyen dan Ika Aning Udayana.

(2)    Jawa Timur :

Berdirinya GPIAI EFATA DI Jawa Timur merupakan anugerah yang amat besar dan saat ini ada 4 daerah yang dilayani yaitu:

–          Tgl 21 Januari 2008 Donomulyo-Malang. Dilayani oleh Pdm. Elisabeth, Pdm. Winarto Soedarmadi dan Ev.Suing

–          Tgl 21 April 2008 ke Lawang  dilayani oleh Pdt. Yakub Mulyono

–          Tgl 22 Mei 2008 ke Jombang.  Dilayani  oleh Pdt. Stefanus Sarto.

–          Tgl 23 Mei 2008 ke Surabaya dilayani oleh Pdt. Yohana Epi Oiladang.

(3)    Jawa Tengah:

Jawa Tengah pun membuka pintu bagi kehadiran GPIAI sehingga sudah dibuka  cabang-cabang.

  • Temanggung, Ev. Ferdinand Olin, S. Th. sudah membuka 3 cabang BBR GPIAI di daerah Temanggung.
  • Magelang, Ev. David Hadi Wibisono, S. Th. telah merintis dan mengembangkan GPIAI Magelang.
  • Solo, Pdm. Joko Susilo yang melayani para pemulung di 4 daerah Solo dan memiliki anggota 104 orang pemulung dam gelandangan bergabung kedalam tubuh GPIAI.

(4)    PAPUA

Pdt. Linus Burako sudah menghimpun saudara-saudara dan kerabat-kerabatnya di Biak untuk menerima Yesus Kristus dan dihimpun dalam wadah GPIAI. Kita bersyukur bahwa di MUBES ke VII sudah ada utusan dari Papua yaitu keluarga Origenes. Saat ini sedang direncanakan pembukaan dan pembangunan perkampungan baru di Biak dan sudah di bangun 4 rumah dan akan terus dikembangakan pembangunan rumah-runah baru.

(5)    SULAWESI

Dimulai oleh Pdm. Sukardi Samatimbang, S.Th. Saat ini Saudara Lukas, mengembangkan GPIAI Mamuju. Diwaktu-waktu mendatang pemeliharaan dan perawatan yang lebih itensif tehadap jemaat yang baru memenuhi dilaksanakan sehingga bisa luas berkembang dengan cepat.

(6)    BALI

Pdtp.Yance saat berada di Bali sudah memulai pelayanan GPIAI dan sudah diresmikan perkembangan, namun sayang sekali layu sebelum berbuah karena saudara Yance pindah ke Jakarta.

(7)    KALIMANTAN BARAT

Kalimantan Barat terus menyebarkan panji-panji Kristus dengan membuka pelayanan di Bengkayang. Perintisan-perintisan dan perkembangan GPIAI dalan periode 3 tahun ini haruslah disambut dengan ucapan syukur kepada Allah yang sudah mempercayakan kepada GPIAI ladang-ladang baru untuk dilayani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: