SALATIGA

GPIAI EFATA SALATIGA

SEKILAS TENTANG BERDIRINYA

GEREJA PANTEKOSTA ISA ALMASIH INDONESIA EFATA SALATIGA

 

Sejak menyatakan bergabung dengan Gereja Pantekosta Isa Almasih Indonesia (GPIA) pada tahun 1985, tepatnya tanggal 5 Mei maka Gereja terus mengembangkan sayapnya dalam tugas memberitakan Injil Kerajaan Allah. Pada awal berdiri dan bergabung dalam sinode GPIA, jumlah anggota jemaat mencapai 398 orang remaja sampai usia dewasa, sedangkan anak-anak sekitar 330 anak yang tergabung dalam Sekolah Minggu.

NAMA GPIAI

Pada awal tahun 1987 para pimpinan GPIA mengadakan pertemuan dalam rangka menyikapi keputusan pemerintah perihal Anggaran Dasar yang mengharuskan mencantumkan Pancasila sebagai azasnya; Keputusan pemerintah tersebut ditujukan kepada semual lembaga dan Yayasan Kristen termasuk gereja  Keputusan tersebut tertuang dalam UU No 8 Tahun 1985 dan PP no 18 tahun 1986 serta Peraturan Menteri Dalam negeri no 5 tahun 1986. Pertemuan para pimpinan GPIAI yang diketuai oleh Pdt. Ibrahim Tjokrokusumo di Jakarta tersebut meghasilkan Anggaran Dasar yang berazaskan Pancasila. Sedangkan nama GPIA menjadi GPIAI. Surat keputusan Pemerintah mengenai pengesahan nama GPIAI dikeluarkan oleh Bimas Kristen Departemen Agama Ri No 86 tahun 1987. GPIAI pada masa itu berkantor pusat di GPIAI FILADELFIA  Jl.. Kedunghalang, Bogor.

Sesuai dengan Keputusan Musyawarah Besar GPIAI IV di Wisma Kinasih Jl. DR Muwardi tanggal 16 Oktober 1997 pada butir (3) telah diputuskan dengan suara bulat tentang perpindahan kantor Sinode GPIAI yang semula di Bogor ke GPIAI Efata, Jl. Brigjend. Sudiarto 1A, Salatiga, Jawa Tengah.

Setelah diteliti oleh Dirjend Bimas Kristen maka diminta untuk mendaftarkan ulang keberadaan GPIAI ke Dirjen Bimas Kristen maka pada akhirnya setelah didaftarkan ke Notaris PJ Soepratignya SH tertanggal 08 Mei 2008 No.1. Dirjen Bimas Kristen Depag RI telah mencabut SK Dirjen Bimas Kristen Protestan Depag RI tertanggal 22 Agustus 1987 dan menggantikannya dengan SK Pendaftaran ulang GPIAI tertanggal 6 Agustus dengan NO. DJ III/KEP/HK 00.5/257/2008, sehingga selanjutnya No tersebut dipakai untuk operasional GPIAI Se Indonesia.

NAMA EFATA

GPIAI EFATA merupakan nama yang diberikan oleh Pimpinan GPIAI Salatiga, Pdt. DR surya Kusuma pada awal bedirinya jemaat Salatiga. Nama Efata merupakan kata bahasa Aram dalam Kitab Injil Markus 7:34 yang berarti terbukalah.   Penggunaan nama pertama kali muncul saat Musyawarah Besar kedua Sinode GPIAI pada tanggal 12-14 Juni 1990 dengan sebutan EVATA. Nama EVATA mengalami perubahan menjadi EFATA pada tanggal 6 Januari 1991. Hal ini terkandung arti bahwa EFATA menerima siapapun yang bertobat dan sungguh-sungguh menerima Yesus sebagai Juruselamat. Gereja tidak membeda-bedakan status sosial, ras dan suku bangsa. Sehingga sampai saat ini GPIAI EFATA Salatiga mempunyai anggota jemaat yang berasal dari status sosial, dan suku bangsa yang berbeda-beda.

Karena kasih anugerah Allah maka sejak berdiri sampai saat ini, segi kuantitas bertambah sangat pesat,. Hal itu ditunjukkan dengan berdirinya gedung gereja di daerah-daerah pelayanan baru di Jawa-Tengah, Tangerang, Sulawesi, Jawa Timur dan Kalimantan Barat. Pada tahun 2010 ini, merupakan anugeah istimewa karena Gedung gereja di Jl. Brigjend Sudiarto 1A, salatiga telah selesai pemugarannya dengan menelan dana Rp 1,5 milyar lebih. Dengan pemugaran gedung gereja tersebut maka Gedung gereja yang juga sebagai kantor pusat Sinode GPIAI dapat menjadi tempat yang representatife sebagai penyelenggaraan.ibadah dan aktifitas pengaturan perekmbangan Sinode GPIAI. Sebagai sebuah keseimbangan, Gereja Pantekosta Isa ALmasih Indoesia Efata juga telah memperhatikan berdirinya gedung-gedung gerja baru di berbagai daerah di Jawa Tengah dan Kalimantan Barat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: